Untuk perusahaan tertentu, mereka mungkin sudah mulai sejak awal sebagai perusahaan internasional. Dalam arti bahwa misi mereka adalah untuk terlibat dalam kegiatan bisnis internasional. Bagi banyak orang lain, bagaimanapun, mereka mungkin telah memulai sebagai perusahaan domestik. Yang berkonsentrasi pada pasar domestik mereka sendiri sebelum mengalihkan atau memperluas fokus untuk juga mencakup pasar internasional. Dengan demikian berguna untuk menyelidiki tahap-tahap internasionalisasi.

Berdasarkan tinjauannya terhadap sejumlah model internasionalisasi, yang menentukan berbagai tahapan model internasionalisasi. Yang menentukan berbagai tahapan internasionalisasi, Andersen telah mengusulkan model U-nya sendiri yang telah menerima dukungan empiris yang beragam.

Menurut model ini, ada empat tahap:
(1) tidak ada kegiatan ekspor reguler,
(2) Ekspor melalui perwakilan independen (agen)
(3) pembentukan anak perusahaan penjualan luar negeri, dan (4) produksi/manufaktur luar negeri.

Studi lain menemukan bukti untuk mendukung hipotesis bahwa ada empat tahap yang dapat diidentifikasi dalam internasionalisasi perusahaan. Keempat tahapan tersebut adalah:
(1) bukan eksportir,
(2) negara tujuan ekspor.
(3) Eksportir sporadis, dan
(4) eksportir reguler.

Proses tersebut menunjukkan bagaimana perusahaan pada awalnya dibatasi oleh keterbatasan sumber daya dan kurangnya komitmen ahli. Dan bagaimana mereka dapat menjadi semakin terinternasionalisasi karena semakin banyak sumber daya yang dialokasikan untuk aktivitas internasional.

Saat ini, tidak ada bukti konklusif bahwa perusahaan domestik pada umumnya memang telah berkembang dari satu tahap ke tahap lainnya. Sebagaimana ditentukan dalam perjalanan mereka untuk menjadi lebih berorientasi internasional. Demikian pula, tidak ada bukti empiris yang diberikan sejauh ini untuk mendukung hipotesis yang bersaing. Bahwa beberapa perusahaan “dilahirkan secara global” dalam arti bahwa misi mereka sejak awal adalah menjadi perusahaan multi nasional.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.