Proses Peranan Teknologi

Seperti yang telah kami sebutkan, perkembangan teknologi dan evolusi pemasaran saling terkait erat. Teknologi telah menopang tonggak utama dalam sejarah pemasaran sejak awal. Prosesnya cenderung seperti ini:

1 Teknologi baru muncul dan pada awalnya dipertahankan oleh para teknolog dan pengadopsi awal.
2 Teknologi memperoleh pijakan yang lebih kuat di pasar dan mulai menjadi lebih populer, menempatkannya di radar pemasaran.
3 Pemasar yang inovatif terjun untuk mencari cara agar mereka dapat memanfaatkan kekuatan teknologi untuk terhubung dengan audiens target mereka.
4 Teknologi bermigrasi ke arus utama dan diadopsi ke dalam praktik pemasaran standar.

Terobosan Awal Teknologi

Mesin cetak, radio, televisi, dan sekarang internet adalah contoh terobosan besar dalam teknologi. Yang pada akhirnya mengubah selamanya hubungan antara pemasar dan konsumen, dan melakukannya dalam skala global. Tapi tentu saja pemasaran bukan tentang teknologi. Ini tentang orang: teknologi hanya menarik, dari perspektif pemasaran, ketika menghubungkan orang dengan orang lain secara lebih efektif.

Ada banyak contoh teknologi selama berabad-abad yang memiliki dampak signifikan di berbagai pasar. Teknologi yang mungkin tampak tidak jelas, bahkan tidak relevan saat ini. Ingat Muzak – perusahaan yang membawa musik elevator ke massa di tahun 1930-an? Teknologi untuk menyalurkan audio melalui saluran listrik dipatenkan pada tahun 1922 oleh pensiunan Mayor Jenderal George O Squier. Dan hak eksklusif atas paten tersebut dibeli oleh Perusahaan Amerika Utara. Pada tahun 1934, di bawah payung perusahaan ‘Muzak’, mereka mulai menyalurkan musik ke rumah-rumah Cleveland.

Muzak tampaknya telah menemukan formula kemenangan. Tetapi munculnya radio komersial gratis membunyikan lonceng kematian untuk rute yang dipilih perusahaan ke pasar. Dengan musik gratis yang tersedia di jaringan nirkabel baru yang mengkilap, rumah tangga tidak lagi siap untuk membayar layanan Muzak. Tidak terpengaruh, perusahaan memfokuskan upayanya pada bisnis Kota New York. Saat gedung-gedung di New York menjulang tinggi, lift/elevator praktis ada di mana-mana.

Muzak telah menemukan ceruknya, dan ‘musik elevator’ lahir.
Memang benar bahwa, dibandingkan dengan raksasa media kontemporer seperti radio, televisi dan sekarang internet, musik elevator adalah kentang kecil. Tapi di masa jayanya, ini adalah hal yang mutakhir, dan menjangkau banyak orang.

Muzak memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini dan mempengaruhi pasar. Sedemikian rupa sehingga bagi artis musik pada masa itu, memutar lagu Anda di jaringan Muzak praktis dijamin sukses.

Teknologi itu Peluang atau Ancaman

Intinya adalah bahwa teknologi memiliki kemampuan untuk membuka pasar yang sama sekali baru. Dan secara radikal mengguncang pasar yang sudah ada. Adopsi arus utama teknologi digital – internet, aplikasi perangkat lunak yang berjalan di dalamnya. Dan perangkat yang memungkinkan orang terhubung ke jaringan dan satu sama lain kapan pun, di mana pun. Dan dengan cara apa pun yang mereka inginkan – menjanjikan untuk mengerdilkan semua yang telah ada sebelumnya. Ini menandai perkembangan tunggal yang paling mengganggu dalam sejarah pemasaran.

Apakah gangguan itu merupakan peluang atau ancaman bagi Anda sebagai pemasar sangat bergantung pada perspektif Anda.

Sumber: Ryan, D., 2014. Understanding Digital Marketing: Marketing strategies for engaging the digital generation. 3rd Edition. Kogan Page Limited, UK.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.