Pemasaran merupakan salah satu fungsi strategis dalam perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, terutama saat persaingan dalam industri menunjukkan intesitas yang semakin tinggi. Pemasaran merupakan ujung tombak bagi eksistensi perusahaan dalam jangka panjang, bahkan banyak perusahaan yang gagal dan bangkrut karena gagal dalam melaksanakan kegiatan pemasarannya secara efektif.

Terdapat sejumlah konsep inti yang terkandung dalam pemasaran. Mempelajari konsep inti pemasaran akan sangat membantu dalam memahami hakekat pemasaran. Kotler dan Armstrong (2012) mengidentifikasi konsep inti pemasaran sebagai berikut :

  1. Target Markets dan Segmentation

Segmentasi berkaitan dengan pengelompokan pasar yang menuntut bauran pemasaran yang berbeda. Segmen pasar ini dapat diidentifikasi berdasarkan aspek demografis, psiko grafis, dan perilaku pelanggan. Perusahaan kemudian memilih dan menetapkan segmen pasar yang akan dilayani sebagai pasar sasaran.

2. Marketplace, Market space, dan Metamarket

Marketplace bersifat fisik seperti seseorang berbelanja di sebuah toko. Berbeda dengan marketplace, market space bersifat digital seperti seseorang berbelanja melalui internet. Adapun metamarket bersifat komplementer dari barang dan jasa berbagai industri yang relevan.

3. Marketer dan Prospect

Pemasar (marketer) adalah seseorang atau organisasi yang berusaha mendapatkan suatu respons (perhatian, pilihan, dan pembelian) dari pihak lain atau prospect.

4. Need, Want, dan Demand

Marketer harus berusaha memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran. Kebutuhan berkaitan dengan sesuatu yang harus atau menuntut pemenuhan. Manusia senantiasa dihadapkan pada masalah kebutuhan ini, setidak-tidaknya untuk kelangsungan hidupnya, berinteraksi dan berkembang. Untuk kelangsungan hidupnya, manusia membutuhkan makanan, akaian, rumah dan lainnya. Kebutuhan berbeda dengan keinginan walaupun setiap keinginan manusia senantiasa didasarkan atau diturunkan dari kebutuhannya. Keinginian seseorang lebih banyak dipengaruhi oleh latar belakang pengalaman, kebudayaan, pendidikan, geografis, demografis, dan lainnya. Suatu keinginan didukung oleh daya beli akan melahirkan permintaan. Permintaan seseorang atas suatu produk itu yang didukung oleh kemampuan untuk mendapatkannya atau daya belinya.

5. Product, Offering, dan Brand

Produk berkaitan dengan nilai yaitu seperangkat manfaat yang ditawarkan kepada pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya.

6. Value dan Satisfaction

Kesesuaian antara kinerja produk dengan tuntutan pelanggan akan membentuk kepuasan bagi pelanggan yang bersangkutan. Dalam hal ini, kepuasan pelanggan melibatkan komponen kinerja produk yang dibeli nya dan tuntutannya atau harapannya atas produk itu. Tingkat kepuasan pelanggan tergantung pada kesesuaianantara kedua komponen itu.

7. Exchange dan Transactions

Pertukaran merupakan proses mendapatkan suatu produk dari pihak tertentu melalui penawaran. Terdapat lima kondisi atau syarat terjadinya pertukaran yaitu sekurang-kurangnya terdapat dua pihak, masing-masing pihak memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak lain, masing-masing pihak kapabel dalam berkomunikasi, masing-masing pihak bebas menerima atau menolak penawaran pertukaran dan masing-masing pihak saling mempercayai.

8. Realationship dan Networks

Realationship marketing bertujuan untuk membangun hubungan yang saling memuaskan dalam jangk panjang dengan pelanggan, pemasok, distributor dan lainnya. Ini penting utk meningkatkan dam memelihara bisnisnya dalam jangka panjang.

9. Marketing Channels

Untuk mencapai pasar sasaran, marketer menggunakan tiga jenis saluran pemasaran, yaitu pertama communication channel yaitu menyampaikan dan menerima pesan kepada dan dari pasar sasaran. Kedua, distribution channel yaitu menyampaikan produk atau jasa kepada pembeli. Ketiga, service channel yaitu menyelenggarakan transaksi dengan pembeli potensial yang melibatkan warehouse, perusahaan transportasi, bank dan perusahaan asuransi untuk memfasilitasi transaksi.

10. Supply Chain

Menggambarkan rentang saluran yang lebih panjang mulai dari bhan baku, produk akhir sampai ke pembeli akhir. Supply Chain ini menggambarkan suatu sistem penyampaian nilai.

11. Competition

Mencakup seluruh pesaing aktual dan potensial. Terdapat empat level persaingan yaitu brand competition, industry competition, form competition, dan generic competition.

12. Marketing Environment

Terdiri dari lingkungan tugas mencakup perusahaan, pemasok, distributor, pelanggan dan lingkungan yang lebih luas mencakup lingkungan demografi, lingkungan ekonomi, lingkungan alam, lingkungan teknologi, lingkungan politik legal dan lingkungan sosial budaya. Lingkungan yang ebih luas terdiri dari kekuatan yang memiliki pengaruh pada pelaku dalam lingkungan tugas.

13. Marketing Program

Tugas marketer adalah mengembangkan suatu program pemasaran atau rencana untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam hal ini, bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang digunakan perusahaan untuk encapai tujuan pemasarannya dalam suatu pasar sasaran. Pada dasarnya alat-alat dalam bauran pemasaran itu terdiri dari produk, harga, distrubusi, dan promosi.

Sumber : Adi Wibowo,L dan Juni Priansa, Doni. 2017. Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung : CV. Alfabeta


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.